loading...

Monday 26 December 2016

Filled Under:

PENDUDUK ORANG ASLI SARAWAK TERTANGKAP IKAN LUAR BIASA.SEKALI PANDANG MACAM IKAN JELAWAT TAPI MATANYA TERBELIAK MACAM BAYI... KORANG TENGOKLAH, AMAT MENGEJUTKAN...




VIDEO Ikan keramat dari Pedalaman Kalimantan Timur


– Bila melihat ikan dalam video ini, sekilas tampak seperti ikan jelawat yang biasa hidup di perairan sungai atau danau dan anak sungai pada umumnya.
Namun jika lebih teliti melihat maka tampaklah perbedaan yang mencolok, baik dari warna tubuh, corak sisik serta postur tubuh yang memang jauh berbeda dengan ikan jelawat. 
Ya inilah Ikan Tebelaq, nama yang diberikan oleh warga kampung yang berdiam di daerah Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.
Ikan yang diyakini sebagai ikan keramat ini, biasa hidup di daerah anak sungai dengan memiliki dasar berbatu, berarus deras dengan kekeruhan rendah. 
Sumber makanannya adalah buah-buahan kayu yang jatuh di sepanjang tepi sungai habitat hidupnya. Menurut warga masyarakat yang pernah menangkap ikan ini bobot tubuhnya bisa mecapai 90 kg. 
Ikan yang terkenal lincah dan gesit pergerakannya ini biasa hidup di beberapa anak sungai Boh, seperti sungai Mujut dan Sungai Siluq di kampong Long Bagun Hulu Kecamatan Long Bagun, tetapi setelah besar mereka bermigrasi menuju ke sungai Mahakam. 
Terlihat ikan tebelag betina memiliki postur yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan jantan. ikan ini memiliki cita rasa yang khas.










0 comments:

Post a Comment